PRODI PENDIDIKAN GURU MADRASAH IBTIDA’IYAH

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

VISI

Menjadi Program Studi sebagai ujung tombak pelaksana Tridharma Perguruan Tinggi  Perguruan Tinggi bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, berdaya saing internasional, berwawasan entrepreneur dan bercirikan Aswaja pada 2040

MISI

1.Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Islam yang mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi, berkarakter religius, berwawasan entrepreneur dan berdaya saing internasional

2.Mengembangkan riset terapan dalam bidang pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan

3.Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis educational dan entrepreneurship dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif, inovatif, kritis dan mampu berdaya saing internasional.

TUJUAN

1.Mencetak sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, berdaya saing internasional, dan adaptif terhadap perkembangan iptek serta berjiwa entrepreneur dan berakhlakul karimah pada tahun 2040.

2.Menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan yang bersumber dari temuan hasil riset terapan yang berkontribusi terhadap pengembangan dunia pendidikan

3.Menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif, inovatif, kritis dan mampu berdaya saing global

SASARAN

1.Lulusan PGMI memiliki penguasaan materi ajar sebagai guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah

2.Lulusan PGMI memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif

3.Lulusan PGMI memiliki integritas diri sebagai al-uswah al-hasanah

4.Lulusan PGMI memiliki kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan peserta didik dan masyarakat

5.Lulusan PGMI menguasai ketrampilan entrepreneurial ditunjukkan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)

6.Pendidik PGMI memiliki kapasitas keilmuan yang terus berkembang dan adaptif serta responsif terhadap perkembangan kurikulum pendidikan

7.Pendidik PGMI memiliki jabatan fungsional sekurang-kurangnya Lektor Kepala dan bergelar doktor

8.Meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil penelitian dosen dan mahasiswa, baik dari segi pemilihan isu dan fokus penelitian maupun pemilihan metode penelitian

9.Terciptanya inovasi pendidikan yang bersumber dari temuan hasil penelitian

10.Terpublikasinya hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam jurnal-jurnal regional, nasional dan internasional

11.Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa, baik dari segi pemilihan isu dan fokus pengabdian maupun pemilihan strategi aksi

12.Terpublikasinya laporan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa dalam jurnal-jurnal regional, nasional dan internasional

STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum  Fakultas Agama Islam

Program Studi: Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

NO Kode Mata Kuliah SKS SEMESTER
1 2 3 4 5 6 7 8
1 MKU 9101 Pancasila 2 P
2 MKU 9104 Bahasa Inggris I 2 P
3 MKP 1150 Bahasa Arab I 2 P
4 MKU 9103 Bahasa Indonesia 2 P
5 MKU 9105 IAD, IBD, ISD 2 P
6 MKP 1151 Pengantar Studi Islam 2 P
7 MKP 1152 Ulumul Qur’an 2 P
8 MKP 1153 Ulumul Hadits 2 P
9 MKP 1154 Penganta Filsafat 2 P
10 MKP 1155 Teknologi Informasi (IT) & Komunikasi 2 P
11 MKU 9106 Entrepreneur I 2 P
12 MKP 2201 Filsafat Ilmu 2 P
13 MKP 2202 Bahasa Arab II 2 P
14 MKP 2203 Bahasa Inggris II 2 P
15 MKU 9110 Ke-Aswaja-An 2 P
16 MKU 9109 Entrepreneur II 2 P
17 MKP 2204 Psikologi Perkembangan 2 P
18 MKP 2205 Pendidikan Kewarganegaraan 2 P
19 MKP 2206 Dasar-Dasar Pendidikan 2  

 

P
20 MKP 2207 Filsafat Pendidikan Islam 2 P
21 MKP 2208 Profesi Keguruan 2 P
22 MKP 2209 Bimbingan Konseling (BK) 2 P
23 MKP 2210 Seni Budaya & Prakarya 2 P
24 MKP 3201 Materi Matematika MI I 2 P
25 MKP 3202 Materi IPA MI I 2 P
26 MKP 3203 Materi IPS MI I 2 P
27 MKP 3204 Materi Bahasa Indonesia MI I 2 P
28 MKP 3205 Materi Al-Qur’an Hadits MI I 2 P
29 MKP 3206 Materi Aqidah Akhlak MI I 2 P
30 MKP 3207 Materi Fiqh MI I 2 P
31 MKP 3208 Materi SKI MI I 2 P
32 MKP 3209 Psikologi Perkembangan Siswa MI 2 P
33 MKP 3210 Pengembangan Kurikulum 2 P
34 MKP 3211 Materi PKN MI 2 P
35 MKP 3212 Pendidikan Inklusi 2 P
36 MKP 4201 Materi Matematika MI II 2 P
37 MKP 4202 Materi IPA MI II 2 P
38 MKP 4203 Materi IPS MI II 2 P
39 MKP 4204 Materi Bahasa Indonesia MI II 2  

 

 

P
40 MKP 4205 Materi Alqur’an Hadits MI II 2 P
41 MKP 4206 Materi Aqidah Akhlak MI II 2 P
42 MKP 4207 Materi Fiqh MI II 2 P
43 MKP 4208 Materi SKI MI II 2 P
44 MKP 4209 Pengelolaan Kelas 2 P
45 MKP 4210 Psikologi Belajar 2 P
46 MKP 4211 Metode Penelitian 2 P
47 MKP 4212 Media Pembelajaran 2 P
48 5201 Media Pembelajaran Berbasis ICT 2 P
49 MKP 5202 Media Pembelajaran Inovatif 2 P
50 MKP 5203 Desain Pembelajaran 2 P
51 MKP 5204 Evaluasi Pembelajaran 2 P
52 MKP 5205 Metode Pembelajaran 2 P
53 MKP 5206 Penelitian Tindakan Kelas 2 P
54 MKP 5207 Metode Penelitian Kualitatif 2 P
55 MKP 5208 Metode Penelitian Kuantitatif 2 P
56 MKP 5209 Statistik Pendidikan 2 P
57 MKP 5210 Perencanaan Pembelajaran 3 P
58 MKP 5211 Pembelajaran Tematik 3 P
59 MKP 6201 Pembelajaran Matematika MI 2  

 

 

P  
60 MKP 6202 Pembelajaran PKN MI 2 P  
61 MKP 6203 Pembelajaran IPA MI 2 P  
62 MKP 6204 Pembelajaran IPS MI 2 P  
63 MKP 6205 Pembelajaran Bahasa Indonesia 2 P  
64 MKP 6206 Pembelajaran Al-Qur’an Hadits MI 2 P  
65 MKP 6207 Pembelajaran Fiqh MI 2 P  
66 MKP 6208 Pembelajaran SKI MI 2 P  
67 MKP 6209 Pembelajaran Aqidah Akhlak MI 2 P  
68 MKP 6210 PPL I (Microteaching) 4 P  
69 MKU 9111 KKN 4 P  
70 MKP 7201 Edupreneur 2 P
71 MKP 7202 PPL II (Real Teaching) 6 P
72 MKP 7203 Akhlak Tassawuf 2 P
73 MKU 9112 Skripsi 6   P

* Mata kuliah dapat berubah sesuai review kurikulum di tingkat, Prodi, Fakultas dan Universitas yang terbaru.

 

STRUKTUR ORGANISASI

STRUKTUR ORGANISASI
Ka. PRODI PGMI Hanik Yuni Alfiyah, M.Pd.

 

 

© 2018: | Awesome Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress