KKN Unsurui 2021 Mulai di tetapkan menggunakan konsep Kuliah Kerja Nyata – Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) 2021. KKN-PPM merupakan proses pembelajaran bagi mahasiswa yang dikembangkan melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis kearifan lokal dan riset. Pelaksanaan KKN-PPM ditujukan untuk menumbuh kembangkan empati dan kepedulian civitas akademika Unsuri terhadap berbagai permasalahan yang riil ada di masyarakat. Selain itu, kegiatan KKN-PPM diharapkan melahirkan pribadi yang tangguh, unggul, berkepribadian mulia, serta berjiwa wirausaha, kepemimpinan, dan peneliti yang berkualitas tinggi. Semula KKN menggunakan paradigma development menjadi paradigma empowerment (pemberdayaan) yakni menyasar pada personal empowerment, community empowerment, dan institutional empowerment. KKN tidak hanya berisi kegiatan kerja civitas akademika untuk masyarakat tetapi berisi rangkaian kegiatan integratif interdisipliner yang dikemas secara strategis untuk menyelesaikan permasalahan secara tuntas dan dilaksanakan bersama masyarakat dengan memerankan masyarakat sebagai pelaku penting dan utama serta melibatkan para pemangku kepentingan lain yang terkait.

Pada konsep ini mahasiswa dengan didampingi dosen bertindak sebagai problem solver, motivator, fasilitator, dan dinamisator dalam proses penyelesaian masalah dan pembangunan/pengembangan masyarakat. Harapannya mahasiswa sebagai intelektual muda diharapkan mampu mengembangkan diri sebagai agen atau pemimpin perubahan yang secara cerdas dan tepat menyelesaikan masalah yang dihadapi masyarakat. KKN Unsuri akan dilaksanakan pada tanggal 2 – 31 Agustus 2021 Bentuk pelaksanaannya adalah mandiri dilakukan oleh individu mahasiswa berbasis desa tempat tinggal masing-masing, ataupun bisa diluar desa karena pertimbangan lainnya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19. Pola pelaksanaan KKN Unsuri 2021 akan dilakukan berbasis Daring (Online). Mulai dari tahap perencanaan, monitoring, evaluasi, pembimbingan dan pelaporan. Tahap sosialisasi, pendaftran, perencanaan, monitoring, evaluasi dilakukan secara daring. Proses pembekalan mahasiswa, pembingan dosen DPL (Dosen Pembimbing Lapangan), dan laporan hasil pelaksanaan KKN dilakukan secara luring.

KKN Tahun 2021 ini berbasis individual, namun dibentuk dengan kelompok. Fungsi kelompok tersebut merupakan ruang untuk melakukan pengkayaan wacana dan pengalaman pada setiap masing-masing individu dan tempat lokasi KKN. Di samping itu kelompok juga akan dapat berfungsi saling membantu satu sama lainnya guna suksesnya pelaksanaan program KKN. Tahap pelaksanaan secara umum sama dengan KKN reguler, dimulai perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, pengendalian, dan tindak lanjut/pengembangan.

Logo resmi KKN Unsuri 2021

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *