Visi

“Menjadi Unit Pengelola Program Studi Keislaman yang unggul bercirikan Entrepreneur dan berwawasan Aswaja An Nahdliyah pada 2040”

Misi

  1. Mengelola pembelajaran pada program studi keislaman multidisiplin ilmu, berwawasan kewirausahaan, dan berdaya saing internasional.
  2. Mengelola penelitian bidang keislaman untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.
  3. Mengelola pengabdian kepada masyarakat untuk kemajuan bangsa Indonesia dengan mengembangkan masyarakat Entrepreneur yang dilandasi nilai-nilai luhur Aswaja Annahdliyah.
  4. Meningkatkan kualitas luaran dan capaian Tridharma mahasiswa.
  5. Melaksanakan tata kelola organisasi dengan kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan berkeadilan.

Tujuan

  1. Melahirkan lulusan program studi keislaman yang beriman, bertaqwa, berakhlak mulia berdaya saing internasional, dan berwawasan kewirausahaan.
  2. Menghasilkan peneliti yang memiliki kemampuan dalam membangun keilmuan bidang keislaman dan mengimplementasikannya untuk pengembangan sumber daya manusia.
  3. Menghasilkan pelaksana pengabdian kepada masyarakat yang memberi kontribusi bagi kemajuan bangsa Indonesia dengan mengembangkan masyarakat entrepreneur yang dilandasi nilai-nilai luhur Aswaja An Nahdliyah.
  4. Menghasilkan lulusan program studi keislaman yang unggul dan berprestasi di bidang akademik dan nonakademik.
  5. Terwujudnya fakultas agama islam dengan tata kelola yang efisien, produktif, dan efektif.

Strategi

  1. Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum Keislaman berbasis luaran sesuai KKNI, berkarakter Entrepreneur dan Bercirikan Aswaja;
  2. Melengkapi dan mengaplikasikan instrumen pembelajaran (RPS dan Kontrak Perkuliahan) sesuai Standar dan Formulir yang berlaku;
  3. Mengintegrasikan hasil penelitian dan PKM ke dalam materi perkuliahan;
  4. Melaksanakan Pembelajaran secara interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa;
  5. Melaksanakan Penilaian Pembelajaran secara Edukatif, Otentik, Objektif, Akuntabel, Transparan, dan Terintegrasi;
  6. Melaksanakan Mimbar Akademik secara rutin/berkala;
  7. Meningkatkan jumlah dan kualitas kerjasama dalam bidang pendidikan;
  8. Merumuskan dan mengiplementasikan Rencana Induk Penelitian (Ripen);
  9. Meningkatkan jumlah dan keterserapan dana penelitian internal;
  10. Membentuk dan meningkatkan kualitas layanan tim jurnal & publikasi karya ilmiah;
  11. Melaksanakan coaching-clinic penelitian secara rutin/berkala;
  12. Memberikan tugas kepada dosen untuk meneliti sesuai dengan keilmuan dan jumlah kredit penelitian setiap semester;
  13. Memberikan tugas kepada mahasiswa berprestasi untuk meneliti bersama dosen setiap semesternya;
  14. Menjalin kerjasama dalam bidang penelitian dengan instansi pemerintah/swasta baik dalam maupun luar negeri;
  15. Merumuskan dan mengiplementasikan Rencana Induk Pengabdian kepada Masyarakat;
  16. Meningkatkan jumlah dan keterserapan dana PKM internal;
  17. Membentuk tim jurnal & publikasi PKM;
  18. Melaksanakan coaching-clinic PKM secara rutin/berkala;
  19. Memberikan tugas kepada dosen untuk melaksanakan PKM sesuai dengan keilmuan dan jumlah kredit PkM setiap semesternya;
  20. Memberikan tugas kepada mahasiswa berprestasi untuk meneliti bersama dosen setiap semesternya;
  21. Menjalin kerjasama dalam bidang PKM dengan instansi pemerintah/swasta;
  22. Mendelegasikan mahasiswa dalam kompetisi bidang akademik dan nonakademik;
  23. Menjalin jejaring dengan ikatan alumni, asosiasi profesi, dan pengguna lulusan;
  24. Membentuk dan meningkatkan kualitas layanan tim publikasi karya ilmiah mahasiswa;
  25. Merumuskan, melaksanakan dan mengevaluasi Dokumen Rencana Induk Pengembangan, Dokumen Kebijakan Tata Pamong dan Tata Kelola;
  26. Melaksanakan sistem tata kelola dengan penuh kredibilitas, tanggungjawab dan berkeadilan;
  27. Melaksanakan sistem tata kelola dengan penuh kredibilitas, tanggungjawab dan berkeadilan;
  28. Melaksanakan sistem tata kelola dengan pola kepemimpinan operasional, organisasional, dan public;
  29. Melaksanakan sistem penjaminan mutu internal melalui siklus PPEPP;
  30. Menjalin kerjasama pengembangan lembaga dengan instansi pemerintah/swasta baik dalam maupun luar negeri;
  31. Melaksanakan promosi rekrutmen mahasiswa baru untuk meningkatkan minat dan daya tarik prodi;
  32. Meningkatkan jumlah dan kualitas layanan kemahasiswaan (kewirausaaan, keaswajaan, karir/keprofesian, bakat/minat, dan penalaran);
  33. Melaksanakan bimbingan konseling dan akademik secara rutin/berkala;
  34. Meningkatkan jumlah dan kualitas kualifikasi dosen dan tenaga kependidikan;
  35. Meningkatkan perolehan sumber dana pendidikan, penelitian, PKM, dan Investasi;
  36. Melakukan pengelolaan dana dengan asas Partisipatif, Transparan, Efektif, Efisien, dan Akuntabel;
  37. Meningkatkan jumlah dan kualitas sarpras dan ICT pendukung pembelajaran, penelitian dan PKM.