VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah

VISI

Menjadi Program Studi sebagai ujung tombak pelaksana Tridharma Perguruan Tinggi  Perguruan Tinggi bidang Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, berdaya saing internasional, berwawasan entrepreneur dan bercirikan Aswaja pada 2040.

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan Tinggi Islam yang mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi, berkarakter religius, berwawasan entrepreneur dan berdaya saing internasional
  2. Mengembangkan riset terapan dalam bidang pendidikan yang adaptif dan responsif terhadap perkembangan dunia pendidikan
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat berbasis educational dan entrepreneurship dalam rangka peningkatan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif, inovatif, kritis dan mampu berdaya saing internasional.

TUJUAN

  1. Mencetak sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul, berdaya saing internasional, dan adaptif terhadap perkembangan iptek serta berjiwa entrepreneur dan berakhlakul karimah pada tahun 2040.
  2. Menghasilkan inovasi dalam bidang pendidikan yang bersumber dari temuan hasil riset terapan yang berkontribusi terhadap pengembangan dunia pendidikan
  3. Menghasilkan sumber daya manusia yang mandiri, kreatif, inovatif, kritis dan mampu berdaya saing global

SASARAN

  1. Lulusan PGMI memiliki penguasaan materi ajar sebagai guru kelas di Madrasah Ibtidaiyah
  2. Lulusan PGMI memiliki kemampuan mengembangkan pembelajaran yang mendidik, kreatif dan inovatif
  3. Lulusan PGMI memiliki integritas diri sebagai al-uswah al-hasanah
  4. Lulusan PGMI memiliki kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi dengan peserta didik dan masyarakat
  5. Lulusan PGMI menguasai ketrampilan entrepreneurial ditunjukkan dengan Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI)
  6. Pendidik PGMI memiliki kapasitas keilmuan yang terus berkembang dan adaptif serta responsif terhadap perkembangan kurikulum pendidikan
  7. Pendidik PGMI memiliki jabatan fungsional sekurang-kurangnya Lektor Kepala dan bergelar doktor
  8. Meningkatnya kualitas dan kuantitas hasil penelitian dosen dan mahasiswa, baik dari segi pemilihan isu dan fokus penelitian maupun pemilihan metode penelitian
  9. Terciptanya inovasi pendidikan yang bersumber dari temuan hasil penelitian
  10. Terpublikasinya hasil penelitian dosen dan mahasiswa dalam jurnal-jurnal regional, nasional dan internasional
  11. Meningkatnya kualitas dan kuantitas kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh dosen dan mahasiswa, baik dari segi pemilihan isu dan fokus pengabdian maupun pemilihan strategi aksi
  12. Terpublikasinya laporan pengabdian kepada masyarakat dosen dan mahasiswa dalam jurnal-jurnal regional, nasional dan internasional