PRODI MANAJEMEN

VISI, MISI, TUJUAN, DAN SASARAN

MANAJEMEN

VISI

 

“Menjadi Program Studi Manajemen yang unggul, berwawasan entrepreneur, dan bercirikan Aswaja pada 2040”

MISI

  1. Menyelenggarakan Pendidikan TinggiIlmu Manajemen dan Bisnis yang berkualitas dan relevan dengan kebutuhan pengguna lulusan
  2. Mengembangkan penelitian dalam bidang manajemen yang berorientasi pada bisnis dan entrepreneursecara profesional komperehesif dan kompetitif.
  3. Melakukan kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan bidang manajemen yang berorientasi pada bisnis dan entrepreneur.

TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi di bidang manajemen, bisnis, dan entrepreneur, serta berakhlakul karimah sesuai dengan kebutuhan pembangunan dan pengguna lulusan serta tantangan era globalisasi.
  2. Menghasilkan penelitian di bidang manajemen yang berorientasi pada bisnis dan entrepreneur serta mampu mengimplementasikan di masyarakat.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang ilmu manajemen yang berorientasi pada bisnis dan entrepreneur.

Sasaran dan Strategi Pencapaian

Tahun 2015 – 2020

  1. Perumusan visi, misi, tujuan dan sasaran Program Studi Manajemen. Dengan strategi pencapaian adalah :
    1. Dilaksanakannya sosialisasi kepada civitas academika
    2. Monitoring dan evaluasi hasil sosialisasi
    3. Peninjauan hasil monev
  2. Penguatan Program Studi Manajemen. Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  3. Penerapan Good Governance
  4. Penguatan kepemimpinan
  5. Menjalankan Fungsi – Fungsi Manajemen
  6. Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia. Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  7. Peningkatan Mutu SDM dilakukan dengan pendidikan formal dan non formal.
  8. Penyusunan Kurikulum KKNI. Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  9. Program Penetapan Standard mutu pendidikan berbasis KKNI
  10. Program Review kurikulum berbasis entrepreneur bercirikan aswaja
  11. Program Penjaminan mut Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  12. Perumusan sasaran mutu
  13. Pelaksanaan sosialisasi
  14. Pelaksanaan penggunaan dokumen mutu
  15. Monitoring dan evaluasi hasil penggunaan dokumen mutu
  16. Penyusunan Standar kompetensi lulusan. Dengan Strategi Pencapaian adalah:
  17. Perumusan dan pelaksanaan kompetensi lulusan serta monitoring dan evaluasi

Tahun 2020 – 2025 :          

  1. Pemenuhan standar isi pembelajara Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  2. Pelaksanaan review untuk peninjauan pemenuhan kurikulum KKNI
  3. Pemenuhan standar proses pembelajaran. Dengan Strategi Pencapaian adalah:
  4. Pengembangan kurikulum dan rencana pembelajaran untuk setiap mata kuliah
  5. Menyelenggarakan perkuliahan  sesuai  standar  isi,  standar  proses,  standar penilaian untuk mencapai lulusan yang berkualitas
  6. Melakukan kegiatan  pemantauan  dan  evaluasi  secara  periodic,  melaporkan hasil pembelajaran secara periodic atau secara berkala
  7. Pemenuhan standar penilaian. Dengan Strategi Pencapaian adalah:
  8. Melaksanakan proses penilaian
  9. Menentukan kebijakan standar penilaian
  10. Membuat kebijakan tentang teknik, instrument, indicator, dan bobot penilaian, melaksanakan proses penilaian sesuai standar
  11. Pemenuhan  standar   dosen   dan   tenaga   kependidikan.   Dengan   Strategi Pencapaiannya adalah :
  12. Motivasi studi lanjut dengan program peningkatan dosen tetap Program Studi Manajemen yang berkualitas dan memiliki kompetensi (Studi S3 dan kenaikan jabatan)
  13. Mendorong mencari beasiswa
  14. Program asosiasi profesi yang diikuti oleh dosen
  15. Program Perencanaan dosen untuk mengikuti sertifikasi tenaga ahli
  16. Mendorong SDM untuk menulis jurnal terakreditasi
  17. Pemenuhan standar sarana dan prasarana. Dengan Strategi Pencapaian adalah :
  18. Sumber daya fisik penunjang pembelajaran.
  19. Sumber daya  fisik  penunjang  penyelenggaraan  kegiatan  tersedia  sesuai dengan standa
  20. Pemenuhan standar    Dengan  Strategi  pencapaian  adalah  melalui penyusunan regulasi dan penjabaran operasionalnya melalui SOP
  21. Pemenuhan standar    Dengan  Strategi  pencapaian  adalah  melalui penyusunan standar pembiayaan dan penjabaran operasionalnya melalui SOP
  22. Pemenuhan standar penelitian. Dengan Strategi pencapaian adalah :
  23. Penyusunan peta jalan penelitian, konsolidasi dan motivasi SDM / dosen dalam penelitian
  24. Penguatan networking

 

  1. Pemenuhan  standar    Pengabdian    Kepada    Masyarakat.    Dengan    Strategi pencapaian adalah :
  2. Penyusunan peta jalan PKM
  3. Konsolidasi dan motivasi Sumber Daya Manuasia / dosen dalam PKM
  4. Penguatan kemitraan

Tahun 2025 – 2030 :

  1. Terwujudnya standar pendidikan. Dengan Strategi pencapaian adalah dengan standar Pendidikan baik dalam perencanaan, proses, dan outputnya terintegrasi dengan entrepreneur.
  2. Terwujudnya standar penelitian. Dengan Strategi pencapaian adalah : melalui pengembangan penelitian berfokus pada entrepreneur
  3. Terwujudnya  standar   Pengabdian   Kepada   Masyarakat.   Dengan   Strategi pencapaian adalah melalui pengembangan PKM berfokus pada entrepreneu

Tahun 2030-2035 :

  1. Terwujudnya kemandirian kelembagaan. Dengan Strategi pencapaian adalah:
  2. Memaksimalkan semua fungsi kelembagaan.
  3. Memaksimalkan kemitraan
  4. Terealisasi unit usaha mandiri
  5. Terwujudnya kemandirian lulusa Dengan Strategi pencapaian adalah:
  6. Penguatan kelembagaan alumni
  7. Penyusunan program kerja yang jelas dan terukur
  8. Terwujudnya kemandirian riset/penelitian berbasis entrepreneural. Dengan Strategi pencapaian adalah melalui  peningkatan kemitraan lintas bidang baik government maupun non government
  9. Terwujudnya kemandirian Pengabdian Kepada Masyarakat berbasis entrepreneuria Dengan Strategi pencapaian adalah melalui peningkatan kemitraan lintas bidang baik government maupun non government.

Tahun 2035 – 2040 :

  1. Peningkatan daya saing lulusan. Dengan Strategi pencapaian adalah:
  2. Proses pendidikan melalui peningkatan kualitas proses pembelajaran, pembimbingan akademik dan skripsi.
  3. Peningkatan bakat minat dan fasilitasi lulusan
  4. Penguatan kelembagaan organisasi mahasiswa
  5. Peningkatan daya saing riset/penelitian berbasis entrepreneura Dengan Strategi pencapaian adalah:
  6. Penguatan Sumber Daya Manusia
  7. Pelaksanaan review perencanaan oleh ahli penelitian pada level nasional dan internasional
  8. Peningkatan daya saing publikasi ilmiah bagi dosen dan mahasiswa. Dengan Strategi pencapaian adalah:
  9. Penguatan Sumber Daya Manusia
  10. Pelaksanaan review perencanaan oleh ahli
  11. Pengabdian Kepada Masyarakat pada level nasional dan internasional

 

STRUKTUR KURIKULUM

Kurikulum  Fakultas Ekonomi

Program Studi: Manajemen

Kurikulum Baru T.A. 2016

No.

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

Semester  I

1

1124

Bhs. Indonesia

3

2

1102

Agama Islam I

2

3

1107

TE Makro

3

4

1115

Bhs. Inggris Ekonomi

2

5

1105

Ilmu Budaya Dasar

3

6

1119

Matematika Bisnis

3

7

1106

TE Mikro

3

8

1116

Pengantar Ilmu Politik

2

9

9015

Entrepreneur I

2

Semester  II

1

2111

Pengantar Akuntansi

3

2

2104

Agama Islam II

2

3

2112

P. Ekonomi Pembangunan

3

4

2101

Pend. Kewarganegaraan

3

5

2110

Pengantar Manajemen

3

6

2120

Statistik Bisnis I

3

7

2114

Ekonomi Koperasi

2

8

9016

Entrepreneur II

2

Semester  III

1

3349

Intermediate

3

2

3154

Ekonomi Islam

2

3

3125

Manajemen Keuangan I

3

4

3128

Manajemen Pemasaran I

3

5

3126

MSDM I

3

6

3220

Statistik Bisnis II

3

7

3117

Aspek Hukum Dlm Bisnis

2

8

3109

Pengantar Bisnis

3

Semester  IV

1

4129

Sis. Inf. Manajemen

3

2

4134

Akuntansi Biaya

3

3

4130

Perilaku Organisasi

3

4

4137

Anggaran

3

5

4127

Manajemen operasional

3

6

4113

Perekonomian Indonesia

3

7

4131

Leadership

3

Kurikulum Baru T.A. 2013/2014

No.

Kode MK

Nama Mata Kuliah

SKS

Semester  V

1

5136

Akuntansi Manajemen

3

2

5144

Ekometrika

3

3

5140

T. Pengamb. Keputusan

3

Konsentrasi Pemasaran*

 

4

5124

Perilaku Konsumen

3

5

5125

Strategi Pemasaran

3

6

5126

Manajemen Pemasaran II

3

Konsentrasi MSDM**

 

4

5323

MSDM II

3

5

5324

Komunikasi Bisnis

3

6

5325

Kepemimpinan Strategi

3

Konsentrasi Keuangan***

 

4

5211

Manajemen Keuangan II

3

5

5212

Keuangan Internasional

3

6

5213

Analisa Lap. Keuangan

3

Semester  VI

1

6141

Perdag. Internasional

3

2

6122

Methodologi Penelitian

3

3

6130

KKN

4

4

6148

Kewirausahaan

3

5

6131

Perpajakan

3

Konsentrasi Pemasaran*

 

5

6331

Manajemen Jasa

3

6

6332

Manajemen Retail

3

Konsentrasi MSDM**

 

5

6448

Manajemen Penggajian

3

6

6449

Manajemen Perubahan

3

Konsentrasi Keuangan**

 

5

6545

Pasar Modal

3

6

6546

Manajemen Investasi

3

Semester  VII

1

7145

SPL/Magang

2

2

7302

Aplikasi Komputer

3

4

7332

Bank & Lemb. Keuangan

3

5

7321

Manajemen Strategi

3

6

7133

Ekonomi Manajerial

3

Konsentrasi Pemasaran*

 

7

7222

Seminar Pemasaran

3

Konsentrasi MSDM**

 

7

7224

Seminar MSDM

3

Konsentrasi Keuangan***

 

7

7111

Seminar Keuangan

3

Semester  VIII

1

8142

Skripsi

6

2

8146

Study Kelayakan Bisnis

3

 

 

Jumlah

9

 

 

SKS Keseluruhan

153

* Mata kuliah dapat berubah sesuai review kurikulum di tingkat, Prodi, Fakultas dan Universitas yang terbaru.

STRUKTUR ORGANISASI

 

© 2019: | Awesome Theme by: D5 Creation | Powered by: WordPress