Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang Unggul dalam Bidang Media Pembelajaran berbasis Entrepreneur berkarakter Aswaja pada Tahun 2040

Misi
  1. Melaksanakan pendidikan tinggi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah berfokus pada media pembelajaran, berwawasan kewirausahaan dan berdaya saing internasional.
  2. Melaksanakan penelitian dalam bidang pendidikan dasar untuk menghasilkan pengetahuan baru dalam rangka pengembangan sumber daya manusia.
  3. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar untuk kemajuan bangsa Indonesia dengan mengembangkan masyarakat entrepreuner yang dilandasi nilai-nilai luhur Aswaja.
  4. Meningkatkan kualitas luaran dan capaian Tridharma mahasiswa.
  5. Melaksanakan tata kelola organisasi dengan kredibel, transparan, akuntabel, bertanggungjawab, dan berkeadilan.

Tujuan
  1. Terlaksananya pembelajaran dalam bidang pendidikan dasar untuk menghasilkan lulusan yang ahli dalam bidang media pembelajaran, berwawasan kewirausahaan dan berdaya saing internasional.
  2. Terlaksananya penelitian dalam bidang pendidikan dasar untuk menghasilkan penelitian yang beriman, bertakwa, berakhlak mulia, berdaya saing internasional, dan berwawasan kewirausahaan.
  3. Terlaksananya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dasar untuk menghasilkan pengabdian kepada masyarakat yang berwawasan entrepreuner berlandaskan nilai-nilai luhur Aswaja.
  4. Menghasilkan lulusan Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah yang unggul dan berprestasi di bidang akademik dan nonakademik.
  5. Terwujudnya Program Studi Sarjana Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah dengan tata kelola yang efisien, produktif, dan efektif.
Strategi
1.1 Mengimplementasikan kurikulum Program Studi Sarjana PGMI berbasis MBKM sesuai KKNI berwawasan Entrepreneur dan berkarakter Aswaja 
1.2 Melengkapi dan mengaplikasikan instrumen pembelajaran Program Studi Sarjana PGMI (RPS dan Kontrak Perkuliahan) sesuai Standar dan Formulir yang berlaku 
1.3 Melaksanakan sinergi hasil penelitian dan PkM Program Studi Sarjana PGMI ke dalam materi perkuliahan 
1.4 Melaksanakan sistem Pembelajaran Program Studi Sarjana PGMI secara interaktif, holistik, integratif, saintifik, kontekstual, tematik, efektif, kolaboratif, dan berpusat pada mahasiswa 
1.5 Melaksanakan skema Penilaian Pembelajaran Program Studi Sarjana PGMI secara Edukatif, Otentik, Objektif, Akuntabel, Transparan, dan Terintegrasi  
1.6 Melaksanakan Mimbar Akademik Program Studi Sarjana PGMI secara rutin/berkala 
1.7 Melaksanakan dan Meningkatkan jumlah kualitas kerjasama dalam bidang pendidikan MI 
2.1 Merumuskan dan mengiplementasikan Rencana Induk Penelitian (Ripen) dan roadmap Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya 
2.2 Meningkatkan jumlah dan keterserapan dana penelitian Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya 
2.3 Melaksanakan dan meningkatkan kualitas layanan tim jurnal & publikasi karya ilmiah Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya 
2.4 Melaksanakan coaching-clinic penelitian Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya secara rutin/berkala
2.5 Memberikan tugas kepada dosen Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya untuk meneliti sesuai dengan keilmuan dan jumlah kredit penelitian setiap semester 
2.6 Memberikan tugas kepada mahasiswa Program Studi Sarjana PGMI FAI Unsuri Surabaya untuk meneliti bersama dosen setiap semester 
2.7 Melaksanakan kerjasama dalam bidang penelitian dengan instansi pemerintah/swasta baik dalam maupun luar negeri 
3.1 Melaksanakan Roadmap Pengabdian kepada Masyarakat pada Program Studi Sarjana PGMI 
3.2 Meningkatkan jumlah dan keterserapan dana PKM internal maupun eksternal Program Studi Sarjana PGMI 
3.3 Membentuk tim jurnal & publikasi PKM Program Studi Sarjana PGMI
3.4 Melaksanakan coaching-clinic PKM secara rutin/berkala 
3.5.a Memberikan tugas kepada dosen Program Sarjana PGMI untuk melaksanakan PKM sesuai dengan keilmuan dan jumlah kredit PkM setiap semesternya
3.5.b Memberikan tugas kepada mahasiswa Program Studi Sarjana PGMI berprestasi untuk meneliti bersama dosen setiap semesternya 
3.6 Melaksanakan kerjasama penelitian dalam bidang PKM dengan instansi pemerintah/swasta 
4.1 Melaksanakan/menugaskan dosen dan mahasiswa dalam pengembangan soft skill dan hard skill pada workshop/pelatihan/seminar baik akademik maupun nonakademik dalam skala nasional maupun internasional 
4.2 Mendelegasikan mahasiswa Program Studi Sarjana PGMI dalam kompetisi bidang akademik dan non akademik 
4.3 Membentuk dan mengelola jejaring dengan ikatan alumni, asosiasi profesi, dan pengguna lulusan Program Studi Sarjana PGMI 
4.4 Membentuk dan meningkatkan kualitas layanan tim publikasi karya ilmiah mahasiswa Program Studi Sarjana PGMI 
5.1 Menyusun dan melaksanakan Rencana Operasional tahunan berdasarkan Rencana Strategis Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 
5.2 Merumuskan, melaksanakan dan mengevaluasi Dokumen Rencana Induk Pengembangan, Dokumen Kebijakan Tata Pamong dan Tata Kelola Program Studi Sarjana PGMI 
5.3 Melaksanakan sistem tata kelola dengan penuh kredibilitas, tanggungjawab dan berkeadilan 
5.4 Melaksanakan sistem tata kelola dengan pola kepemimpinan operasional, organisasional, dan publik. 
5.5 Melaksanakan dan mengevaluasi sistem penjaminan mutu internal dengan pola PPEPP 
5.6 Melaksanakan dan meningkatkan kerjasama pengembangan lembaga dengan instansi pemerintah/swasta baik dalam maupun luar negeri 
5.7 Memperkuat sistem dan melaksanakan rekrutmen mahasiswa baru Program Studi Sarjana PGMI untuk meningkatkan minat dan daya tarik prodi 
5.8 Meningkatkan jumlah dan kualitas layanan kemahasiswaan Program Studi Sarjana PGMI (kewirausaaan, keaswajaan, karir/keprofesian, bakat/minat, dan penalaran); 
5.9 Melaksanakan bimbingan akademik dan non akademik Program Studi Sarjana PGMI secara rutin/berkala; 
5.10 Meningkatkan jumlah, kualifikasi, kepemilikan sertifikasi, jabatan akademik dosen Program Studi Sarjana PGMI dan tenaga kependidikan; 
5.11 Meningkatkan perolehan sumber dana pendidikan, penelitian, PkM, dan Investasidi Program Studi Sarjana PGMI
5.12 Melaksanakan skema pendanaan dengan asas Partisipatif, Transparan, Efektif, Efisien, dan Akuntabel di Program Studi Sarjana PGMI  
5.13 Menggunakan sarpras dan ICT pendukung pembelajaran, penelitian dan PkM Program Studi Sarjana PGMI  
5.14 Melaksanakan eksternal Benchmarking dengan program studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah skala nasional dan internasional
5.15 Menyusun laporan pertanggungjawaban sebagai wujud akuntabilitas publik